Tempat Wisata Banyumas

Tempat Wisata BanyumasDi bawah ini adalah Tempat Wisata Banyumas. Peta Wisata Banyumas dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Banyumasakan ditambahkan kemudian. Tempat Wisata Banyumasdan Peta Wisata Banyumas dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari Tempat Wisata Banyumas itu telah diperoleh

Tempat Wisata Pegunungan, Banyumas

Lokawisata Baturaden, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di lereng selatan Gunung Slamet (3.428 meter), sekitar 14km dari Purwokerto, dengan hawa sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Ada banyak hotel, villa dan tempat makan yang nyaman dan murah. Sate kelinci banyak dijajakan di tempat ini… [Baca selengkapnya...]

Tempat Wisata Air Panas, Banyumas

Mata Air Panas Kalibacin, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, sekitar 17 km dari Purwokerto, yang merupakan peninggalan jaman Belanda. Mata air panas Kalibacin dipercaya dapat menyembuhkan menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.
Pancuran Pitu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di dalam Lokawisata Baturaden, yang merupakan sumber air panas berbelerang yang keluar melalui tujuh pancuran. Dicapai dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km dari lokawisata Baturaden, atau dengan kendaraan pribadi atau umum melalui Bumi Perkemahan Baturaden.
Pancuran Telu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata pancuran air panas berbelerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit gatal ini berada di dalam Lokawisata Baturaden. Di jalan menuju pancuran ada petilasan Mbah Atas Angin, yang konon adalah.. [Baca selengkapnya...]


Tempat Wisata Gua, Banyumas

Gua SaraBadak, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata yang berada di sekitar 50 meter dari Pancuran Pitu, tempat pertemuan aliran air panas yang mengandung belerang, dengan air dingin, dengan bebatuan warna keemasan yang menakjubkan. Kabarnya Gua ini ditutup karena longsor, sehingga hanya bisa dilihat dari luar.
Gua Selirang, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata yang berada di sekitar area Pancuran Pitu, berdekatan dengan Gua SaraBadak, berupa gua kecil yang mulut guanya tertutup oleh aliran air dari atas tebing.


Tempat Wisata Curug, Banyumas

Curug Gede, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasCurug Gede terletak di desa wisata Ketenger, kurang lebih 3 km dari lokasi wisata Baturraden. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati air terjun dengan keindahan alam dan aneka lempengan batu.
Curug Belot, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata air terjun yang indah, dengan air deras, namun belum banyak disentuh dan masih alami, yang berada di Desa Rempoah Baturraden. GPS: -7°21’29″, 109°14’23″
Curug Cipendok, Wisata Banyumas

Tempat Wisata BanyumasTempat Wisata di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, dengan ketinggian 92 meter, dengan hawa yang sejuk. Lokasinya cukup mudah untuk dicapai, dan pengunjung bisa menikmati mendoan dan susu murni saat berjalan kaki menuju curug.
Curug Ceheng, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasCurug Ceheng menampilkan keindahan air terjun yang dihiasi maraknya satwa lawa (sejenis kalong) yang beterbangan di sekitamya.
Curug Pengantin, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di tengah hutan Dusun Parduli, Desa Kracak, Ajibarang. Meskipun tinggi air terjunnya hanya dua meter, namun dipercaya oleh warga Parduli dan sekitarnya bahwa bila mandi di sini akan menolak bala dan mempercepat jodoh.


Tempat Wisata Masjid, Banyumas

Masjid Nur Sulaiman, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata masjid yang berada di sebelah barat alun-alun kota lama Banyumas ini didirikan pada 1725 oleh Kyai Nur Sulaiman dari Gumelem dengan arsitek Kyai Nur Daiman. Peninggalan yang masih asli diantaranya adalah bedug, mimbar, sakaguru dan sumur.
Masjid Saka Tunggal, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di Desa Cikakak kecamatan Wangon, sekitar 30 km dari Purwokerto, yang dibangun pada tahun 1288, yang terukir pada Saka Guru masjid. Di sekitar masjid terdapat hutan pinus yang di huni ratusan ekor kera jinak.


Tempat Wisata Museum, Banyumas

Museum Wayang Sendang Mas, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata museum yang berada di bagian depan kompleks Pendopo Duplikat Si Panji, Banyumas. Museum ini dibangun tahun 1982 dengan koleksi wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang krucil, wayang kidang kencana, wayang merak dan wayang lainnya, benda-benda pusaka, benda purbakala dan kitab-kitab kuno.
Museum Uang BRI, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata museum perbankan yang berada di Jl. Jenderal Soedirman, Purwokerto, berisi perjalanan perbankan (BRI) mulai berdiri sampai sekarang serta koleksi uang kuno mulai jaman Majapahit sampai dengan uang jaman sekarang.


Tempat Wisata Bumi Perkemahan, Banyumas

Bumi Perkemahan Baturraden, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di kawasan Baturraden, merupakan camping ground yang sering digunakan para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.
Bumi Perkemahan Kendalisada, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Bumi perkemahan ini luasnya kurang lebih 20 hektar dengan dilengkapi gedung Serba Guna (208 m²) dan asrama (120 m²). Bumi perkemahan ini bisa pula dipakai untuk motor cross, terbang layang, dan rekreasi remaja.


Tempat Wisata Danau, Banyumas

Telaga Sunyi, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTerletak kurang lebih 3,5 km di sebelah timur Baturraden. Telaga ini begitu indah dengan airnya yang dingin dan sangat jernih. Pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga


Tempat Wisata Bendungan, Banyumas

Bendung Gerak Serayu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata bendungan yang mulai dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan bulan November1996 yang mengairi sawah-sawah di Banyumas dan Cilacap, serta sebagian wilayah Kebumen. Jalan menuju lokasi wisata ini cukup baik, dengan tempat parkir luas, serta pemandangan sekitar yang indah. . GPS: -7°31’30″, 109°12’4″.


Tempat Wisata Fauna, Banyumas

Kebun Binatang Kaloka Widya Mandala, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata yang diresmikan pada 17 Mei 1995, dengan koleksi sapi berkaki lima, kambing berkaki tiga, gajah, beruk, buaya Irian, ular sanca, kasuari, monyet, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, ayam kate, ayam mutiara, orang utan, elang bondol dan rusa.


Tempat Wisata Makam, Banyumas

Kompleks Makam Bupati Banyuma, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata ziarah Makam Bupati-Bupati Banyumas di Desa Dawuhan yang lokasinya berada sekitar 5 km dari alun-alun kota lama Banyumas.
Makam Adipati Mrapat, Wisata Banyumas Tempat Wisata BanyumasTempat wisata ziarah yang merupakan makam mendiang Bupati Banyumas I yang lokasinya berada di Desa Dawuhan, Banyumas.
Makam Kyai Mranggi Semu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata ziarah di Desa Kejawar yang berada sekitar 5 km dari alun-alun Banyumas. Kyai Mranggi Semu adalah pembuat warangka keris yang membesarkan R. Joko Kahiman, anak R. Banyaksosro, yang kemudian menjadi Adipati Banyumas I dan membagi Kadipaten Wirasaba menjadi empat.
Makam Kyai Tolih, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat Wisata ziarah di Desa Cikakak kecamatan Wangon, sekitar 30 km dari Purwokerto. Kyai Tolih adalah pendiri Masjid Saka Tunggal, dan merupakan tokoh Islam pada jaman Majapahit.
Makam Nyai Mranggi Semu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata ziarah di atas bukit di Grumbul Wanasepi, Desa Binangun yang berada sekitar 10 km dari Alun-alun Kecamatan Banyumas. Nyai Mranggi, yang nama aslinya Rara Ngaisah, adalah adik kandung R. Banyaksosro.


Tempat Wisata Peninggalan, Banyumas

Alun-alun Kota Lama Banyumas, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peninggalan kota lama Banyumas yang berada sekitar 18 km dari Purwokerto. Pada jaman dahulu, alun-alun adalah merupakan penanda pusat pemerintahan, dan lazimnya ditanami pohon beringin sebagai lambang pengayom rakyat.
Candi Ronggeng , Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasMerupanan sebuah tempat wisata peninggalan bersejarah yang lokasinya berada di Desa Gondotopo, Kecamatan Sumbang, Banyumas.
Pendopo Duplikat Si Panji, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peninggalan di kota lama Banyumas yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas sebelum tahun 1937. Pendopo Si Panji yang asli yang sebelumnya berada di tempat itu telah dipindahkan ke Purwokerto pada Januari 1937.
Pendopo Si Panji , Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peninggalan bersejarah masyarakat Banyumas yang berada di alun-alun Purwokerto. Salah satu pilar pendopo ini, yang bernama Si Panji, diyakini merupakan lambang kekuatan rakyat Banyumas. Pendopo Si Panji dibangun oleh Adipati Yudonegoro II, Bupati Banyumas ke-7, pada tahun 1706.
Situs Batur Agung, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata purbakala yang lokasinya berada di tengah-tengah kebun, di sebelah selatan lapangan Dusun Pondok Lakah, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, yang dipercaya pernah digunakan sebagai pertapaan agung Raden Kamandaka dari Kerajaan Pajajaran.
Situs Batur Bedil, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata purbakala yang berada di area hutan Perhutani di Dusun Peninis, Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng . Situs ini merupakan punden berundak dengan tiga teras, yang digunakan sebaga tempat pemujaan arwah nenek moyang pada jaman megalitikum, berupa batu yang bentuknya menyerupai yoni serta altar pemujaan.
Situs Baturrana, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata di Dusun Semaya, Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, yang berada di daerah pegunungan Baturlaya berketinggian 680 m dpl. Diperlukan waktu sekitar 5 jam dengan berjalan kaki dari Kantor Desa Sunyalangu untuk sampai ke situs ini.
Situs Carangandul, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peninggalan yang berada di tengah-tengah kebun di Dukuh Carang, Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas. Konon situs tersebut merupakan bekas kepala Patih Cangandul yang dibunuh oleh utusan dari Demak.
Situs Gunung Jenar, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peninggalan di puncak Gunung Jenar yang berada di Dusun Pondoklakah, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng. Situs ini merupakan kuburan batu peninggalan jaman megalitik yang bentuknya menyerupai menhir.
Situs Lembu Ayu, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata purbakala di Dusun Lembu Ayu, Desa Susukan, Kecamatan Sumbang, sekitar 10 kilometer dari kota Purwokerto, berupa sebuah yoni besar, lingga, beberapa fragmen batu candi, dan sebuah makam kuno bernama makam Pandung Aguna. Di dekat situs ini terdapat aliran sungai Marus, yang mungkin pernah dipakai sebagai tempat bersuci sebelum berkunjung ke situs.
Situs Tebet Madas Mayung, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata purbakala di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, berupa dolmen yang bentuknya seperti meja batu berkaki menhir sebagai tempat sesaji dan pemujaan arwah nenek moyang dari jaman prasejarah.
Situs Watu Gathel, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata peningggalan dari jaman megalitikum yang berada di tengah pemukiman penduduk Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, yang bentuknya menyerupai alat kelamin pria. Di sebelah timur situs Watu Gathel terdapat Sungai Belot yang sejak jaman prasejarah telah dipakai sebagai tempat bersuci.
Situs Watu Guling, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata benda purbakala di Desa Datar, Kecamatan Sumbang, yang lokasinya berada di sebelah selatan pemakaman umum Desa Datar. Situs Watu Guling merupakan tempat pemujaan arwah nenek moyang pada jaman prasejarah berupa Batu Menhir dan Batu Lumpang.


Tempat Wisata Kelenteng, Banyumas

Kelenteng Boen Tek Bio, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata kelenteng yang lokasinya berada sekitar 300 meter dari Pendopo Duplikat Si Panji di kota lama Banyumas. Bangunan tua dari abad ke-19 ini mulai digunakan sebagai kelenteng sejak tahun 1960.
Kelenteng Hok Tek Bio Sokaraja, Wisata BanyumasTempat Wisata BanyumasTempat wisata di Desa Sokaraja, Kecamatan Sokaraja, yang berada di dekat pertigaan jalan raya yang masing-masing menuju ke Purwokerto, Banyumas dan Purbalingga. Klentheng seluas 1.500 m2 ini diperkirakan dibangun pada tahun 1826.


Tempat Wisata Kuliner

Getuk goreng SokarajaTempat Wisata BanyumasJajanan dan oleh-oleh dari Sokaraja, terbuat dari singkong yang ditumbuk dan berbentuk gumpalan kecoklatan, dengan rasa yang manis gula Jawa, dikemas dalam besek dengan barbagai ukuran.
Soto SokarajaTempat Wisata BanyumasAda banyak tempat makan soto di Sokaraja, dari awalnya hanya sebuah warung Soto Sokaraja yang bernama Kecik. Kekhasannya ada pada sambal kacang yang kental, serta irisan ketupat, dan kuah soto yang bercampur kerupuk.
Soto Jalan BankTempat Wisata BanyumasIni adalah soto favorit saya, dan selalu menyempatkan mampir ketika baru tiba di Purwokerto, apakah setelah turun dari kereta api, atau pun jika menggunakan kendaraan sendiri. Ada beberapa warung soto di Jl. Bank, namun yang selalu saya kunjungi adalah Soto Sungeb.
Mendoan dan keripik tempe adalah makanan khas Banyumas yang tidak boleh dilewatkan, dan bisa dijumpai di banyak tempat. Nopia dengan berbagai ukuran dengan rasa yang manis juga perlu dicoba. Untuk membeli mendoan dan jajanan yang lain anda bisa singgah ke Jl. Jend Sutoyo – Sawangan.

No Response to " "

Posting Komentar